Kandungan dan Khasiat Sambiloto

10.46


Sambiloto


Pengertian

Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan Jawa. Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius.



 Senyawa ini terasa pahit, tapi memiliki sifat melindungi hati. Penilitian membuktikan bahwa senyawa ini mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Senyawa ini juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga menekan pertumbuhan sel kangker. Senyawa andrographolide juga berkhasiat meninggalkan kekebalan tubuh.

Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama daerah untuk sambiloto antara lain: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Bagian Yang Dimanfaatkan

 Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

Selain itu, daun Sambiloto juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.

 Manfaat Daun Sambiloto
1. Flu, Sakit Kepala dan Panas  Cuci bersih tanaman lalu keringkan. Tumbuk tanaman hingga halus. Tambahkan 1 gelas air dalam 1g bubuk tanaman lalu rebus hingga menjadi 1/2 gelas, minum air rebusan 3x sehari
2. Kencing Manis Cuci bersih 1/2 genggam daun sambiloto, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sehari 3x masing-masing 1 gelas. Selain itu, penderita harus banyak minum air.
3. Darah tinggi Ambil 7 daun segar, cuci bersih, dan potong kecil-kecil. seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. diamkan beberapa saat dan tambahkan 1 sendok madu. minum ramuan stelah dingin 3x sehari.
4. Influenza, radang paru, dan TBC paru Cuci bersih tanaman lalu keringkan. Tumbuk tanaman hingga halus. Tambahkan 1 gelas air dalam 3g bubuk tanaman minum air rebusan 3x sehari.
5. Tipus Ambil 13 lembar dau segar lalu cuci bersih. Rebus daun dengan 2 gelas air hingga mendidih, dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring hasil rebusan dan tambahkan 1 sdm madu, aduk hingga rata dam minum 1x sehari.
Itulah Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan,semoga bermanfaat Bagi Kita Yang Membaca.
Sebagai pengunjung yang baik tolong di comment ya " Terima Kasih" ! ^_^

Referensi dari :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Sambiloto
-http://caramengobatiku.blogspot.com/2014/02/manfaat-dan-khasiat-daun-sambiloto-untuk-kesehatan.html



Share this :

First