Manfaat Buah Srikaya

07.54
Srikaya

Buah srikaya


Pengertian

Srikaya atau buah nona (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis.
Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.

Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7-12 cm panjangnya, dan berlebar 3-4 cm. Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2-3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Buahnya biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6-10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan memiliki rasa seperti podeng.

 Pelaut inggris sering menyebut buah srikaya ini sebagai sugar apple atau custard apple. Buah yang asal nya dari Hindia Barat ini selain rasanya yang manis ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang banyak. Di antaranya untuk mengobati penyakit kulit, gangguan dalam pencernaan, dan lain-lain.

Buah yang memiliki rasa manis ini merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh di daerah mana saja seperti tanah berbatu, kering, di pekarangan, dan bahkan tanpa di tanam atau dibiarkan saja tanaman ini juga akan bisa hidup asal terkena sinar matahari yang cukup.
 
Berikut beberapa manfaat buah srikaya bagi kesehatan
  1. DaunDaun srikaya memiliki sifat dingin serta rasanya pahit dan sepet. Bisa digunakan untuk mengobati rematik, batuk, demam, diare, cacingan, disentri, menghilangkan kutu pada kepala, menyembuhkan borok, luka, bisul atau abses, scabies, eksema, dan kudis.
  2. Buah
    Buahnya yang masih muda ternyata mengandung tannin yang bisa digunakan untuk mengobati diare, gangguang pencernaan, dan disentri yang sudah akut.
  3. Biji
    Biji buah srikaya bisa membantu untuk memacu enzim pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan bisa untuk insektisida ( pembunuh serangga).
  4. Akar
    Banyak sekali kandungan yang ada dalam akar srikaya ini, misalnya seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, terpene, saponin, polifenal, dan tannin. Memiliki manfaat sebagai obat anti radang, anti depresi, mengatasi sembelit, nyeri tulang pada punggung, dan disentri akut.
  5. Kulit kayu
    Bisa dipakai untuk mengobati disentri, diare, dan luka berdarah karena kulit kayu nya memiliki kandungan senyawa seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, dan terpene.
Selain itu manfaat buah srikaya juga bisa dipakai untuk kecantikan karena buah srikaya memiliki kandungan vitamin C sebagai anti oksidan yang membantu melawan serangan radikal bebas.

Manfaat Daun Srikaya

Daunnya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema. Contoh pemakaian:

Borok dan bisul
Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2--3 kali.

Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

Kudis
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Manfaat Biji dan Buah Srikaya


Bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, dan mematikan kutu kepala dan serangga. Buah sirsak yang masih muda digunakan untuk mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).Berikut ini contoh pemakaiannya:

Membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.
Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.

Mematikan kutu kepala
Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

Mematangkan bisul
Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

Manfaat Akar dan Kulit Kayu


Akarnya digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. Contoh Pemakaian:

Diare
Cuci kulit batang srikaya (6--10 g), potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Catatan
  • Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
  • Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.
  • Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.

Jika ditelusuri lebih lanjut, di Indonesia ini memang banyak sekali tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Salah satunya adalah srikaya, selain sebagai tanaman buah juga bisa dijadikan sebagai herbal untuk pengobatan.
 Referensi dari :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Srikaya
-http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/manfaat-daun-dan-buah-srikaya.html
-http://inovasikesehatan.blogspot.com/2013/05/Manfaat-Buah-Srikaya.html

Share this :

Previous
Next Post »